Selasa, 01 Maret 2016

Monetize Blog

Bismillahirrahmanirrahiim....

Artikel ini khusus dibuat bagi para bloger yang telanjur kecewa terhadap monetize blog dan berpikir untuk membunuh blog-nya secara sadis serta bersumpah untuk menjauhi dunia bloging untuk selama-lamanya. Ada berbagai macam faktor yang membuat para monetizer blog kecewa, antara lain:



  1. Program-program monetize blog yang ada, dinilai hanya menguntungkan pihak penyedia program dan pemasang iklan saja, tidak berpihak kepada bloger.
  2. Semakin banyak orang-orang yang ikut-ikutan menerapkan program-program monetize yang serupa pada blog yang mereka miliki, sehingga tingkat persaingannya menjadi semakin singit dan sempit.
  3. Lemahnya daya beli masyarakat di Indonesia, atau setidaknya tidak sebanding dengan banyaknya produk dagangan Online atau iklan di blog.
  4. Sistem pembayaran yang masih tergolong 'ribet', sehingga mengurangi animo masyarakat untuk menggunakan jasa transaksi online.
  5. Masih mahalnya jaringan internet yang dinilai cepat/mumpuni/layak, jadi ketika ingin membeli produk-produk online, terlalu banyak membuang waktu juga.
  6. Terkadang masih tergolong mahal juga harga-harga produk yang di tawarkan (cendrung lebih mahal ketimbang di dunia real), mungkin karena biaya ongkos kirim, atau kena 'cash' sistem penjualan seperti reseller, referal, MLM yang dinilai tidak adil dan merugikan konsumen.

Sehingga kesimpulannya, mencari uang/berdagang online dengan menjual produk-produk sebagai reseller atau monetize blog itu masih kurang menguntungkan dan terasa tidak adil. So, efeknya secara psikologis, kita jadi kurang semangat dalam memasarkannya.

Tapi ada satu nilai positif yang bisa kamu ambil dan miliki saat ini, yaitu kamu jadi bisa mengenal dunia pemasaran dan pengiklanan menggunakan media blog yang mudah, murah dan cepat itu. Di tambah lagi prospek strategi pemasaran dan pengiklanan melalui blog atau online shop, masih/akan sangat baik kedepannya, menyikapi gaya hidup/peradaban masyarakat yang semakin menginginkan kemudahan, kecepatan, kecanggihan dan kemajuan sistem transaksi online.

Terus apa yang bisa saya lakukan dengan keahlian/pengalaman yang telah saya miliki itu???

Yeah, tentu saja masih bisa digunakan untuk menjual produk-produk kamu sendiri dunk, kan sudah punya basic pengalaman selama menjadi reseller/referal. Apalagi sekarang sudah banyak beredar script/theme/template/plugin online shop yang sifatnya gratis atau donasi, serta mudah digunakan dan profesional. Maraknya situs jejaring sosial juga bisa kamu gunakan untuk mempromosikan web serta produk kamu, sehingga jalan untuk kamu menjadi seorang pedagang online yang sukses semakin terbuka lebar. Yups, masalahnya tinggal pada produk, keahlian kamu dalam memasarkan produk dan persaingan harga.

Yach, lumayan lah untuk sekedar sampingan pada awalnya. Tapi kalo kamu terus mengasah keahlian kamu dalam menjual serta memasarkan segala jenis produk dan berhasil membangun citra yang positif dibenak konsumen, sehingga mampu meningkatkan penjualan serta tingkat kepercayaan konsumen, mungkin suatu saat akan lain ceritanya. Yups, lihat saja ebay atau amazon, mereka keren kan? Belajarlah dari pengalaman-pengalaman mereka.

Jenis produk apa yang bisa memberikan keuntungan lebih baik dan bisa saya jual???

Yeah, sudah jelas bahwa produk-produk itu harus berasal dari kita sendiri (bukan reseller) atau setidaknya kita beli dari produsennya langsung dengan harga yang sangat murah dengan prospek keuntungan yang cukup besar, seperti: hasil peternakan, perkebunan, pertanian, kerajinan tangan (cindera mata/merchandise), barang-barang bekas (buku, baju, barang elektronik hasil rekondisi/service, dlsb), produk jasa (pembuatan web, pengetikan, design baju atau brosur, pembuatan artikel, review produk, dlsb), produk digital (e-book, games, software, aplikasi handphone, pulsa, dlsb), yang bisa kita sediakan/dapatkan dengan mudah, murah dan cepat dan berasal dari lingkungan sekitar kita (dekat).

[Baca dech artikel saya tentang: Mencari Inspirasi Di Atas Tumpukkan Jerami]

Bagi tips dunk, tentang strategi bisnisnya???

  1. Berikan sistem pembayaran yang lebih mudah selain menggunakan jasa payment online dan transfer rekening. Misalnya, menambahkan sistem pembayaran menggunakan pulsa (tentu saja pulsa yang bisa diuangkan nantinya dunk), yang saat ini sudah disediakan (dan mungkin akan terus dikembangkan) oleh salah satu operator seluler (kalo gak salah hehe). Atau berikan juga opsi-opsi sistem pembayaran lainya yang menjamin sistem pembayaran yang mudah, cepat dan aman.
  2. Memperbanyak konten-konten produk yang bermanfaat dan banyak dicari oleh konsumen. Berikan pula informasi yang sedetil-detilnya tentang manfaat produk, harga, keunggulan-keunggulan, merek dagang, dari produk-produk kamu (bisa juga dalam bentuk review yang lebih menarik dan mengena).
  3. Jelaskan dengan detil tentang sistem pengiriman barang yang kamu sediakan (cepat dan akurat serta aman). Biaya ongkos kirim dan lamanya pengiriman. Usahakan untuk memberi tahu kepada konsumen (melalui sms atau email) secepatnya bahwa/ketika barang yang mereka pesan tengah dalam perjalanan, sebagai service plus dari kamu.
  4. Berikan diskon jika memungkinkan, kepada pelanggan-pelanggan setia kamu atau pelanggan yang telah membeli produk kamu dalam jumlah besar/banyak. Bisa juga dengan memberikan bonus hadiah kecil seperti, gantungan kunci dengan merek dagang atau alamat web kamu, stiker, dan merchandise lainnya.
  5. Atau bisa juga membentuk jaringan kerja sama dalam penyediaan dan pengiriman produk bersama, sesama bloger/pedagang yang lain (saudara/kerabat dekat, tetangga, teman kampus/sekolah, pedagang, pacar/calon pacar, mertua/calon mertua, dlsb), yang tempat tinggalnya dekat atau jauh - tergantung pada tingkat fleksibilitasnya demi memberikan pelayanan yang lebih mudah, murah dan cepat kepada konsumen.
  6. Promosikan web kamu secara offline juga, itu akan membantu kamu dalam menjaring traffic konsumen yang lebih potensial, dekat, setia, dan yang lebih mempercayaai kamu. Bisa dengan menggunakan brosur, kartu nama, stiker, poster, pembicaraan dari mulut ke mulut, jejaring sosial, dlsb.
  7. Sediakan pula sistem consumer service by call atau email, dan berikan pelayanan informasi terbaik kepada mereka. Atau bisa juga menjalin serta menjaga hubungan yang lebih dekat terhadap konsumen-konsumen potensial kamu dengan mengirimkan kartu ucapan selamat hari raya atau lain sebagainya (intinya guna menunjukkan sikap 'care' dan terima kasih kepada konsumen), sehingga toko online kamu tetap dikenang didalam benak mereka (konsumen).
  8. Percantik/pertampan tampilan web/toko online kamu, semakin terlihat profesional dan menarik tentu semakin profesional dan menarik pula dampaknya bagi dompet kamu nantinya kan... hu-hu bagi dunk??? Jangan lupa siapkan pula versi selulernya, biar semakin mudah diakses oleh seluruh konsumen setia kamu.

Dan masih sangat banyak lagi tips serta masukan yang bermanfaat bagi bisnis online kamu, jika kamu mau belajar, berinovasi dan mencoba memahami lebih dalam ilmu-ilmu pemasaran. Oh yeah, pastikan juga kamu menguasai teknik SEO yang mumpuni untuk menjadikan blog kamu lebih populer.

Ok, daagh -- semoga sukses dagangnya dan laris manis di cuaca hujan maupun panas... bye-bye ;-)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar