Kamis, 17 Maret 2016

Manajemen Biaya Dan Strategi Produk

Bismillahirrahmanirrahiim...

Efisiensi Dana Pengeluaran

Untuk menghasilkan karya yang sempurna sudah pasti membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Pertimbangan yang bijak akan sangat membantu efisiensi dana pengeluaran kamu sebagai band. Beberapa contoh ide pertimbangan tentang dana yang harus dikeluarkan;

Untuk cover album, daripada membeli cover yang nice looking dengan biaya (katakanlah) 500 ribu rupiah, lebih baik jika digunakan untuk membeli/memesan template untuk membangun sebuah web atau blog sebagai media promosi. Jika ditinjau dari nilai promosinya (fungsional), web atau blog lebih fleksibel dan informatif dalam menjelaskan karakter suatu produk (melalui posting artikel) dan juga dapat di upgrade sesuai dengan pengembangan yang ingin/telah kita lakukan. Sedangkan cover album, paling hanya memberikan kontribusi pemasaran (promosi) yang sangat sedikit bagi band, dengan kata lain 'kurang prospek'. Pertimbangkan selalu dengan bijak kemungkinan-kemungkinan strategi yang lebih mengarah kepada pencapaian prospek yang lebih baik.

Kekurangan Serta Kelebihan Suatu produk

Jika hasil rekaman kita kurang, misal di vokal atau di poin-poin yang lain, jangan sampai menjadikan kita terlalu fokus pada kekurangan yang kita miliki tersebut, sementara kita masih memiliki poin-poin nilai jual lainnya yang dinilai cukup baik, misal pada instrumen musik (aransemen) atau pada lirik lagu.

Jangan menjadi mudah 'latah', karena melihat band-band lain baik di vokal, kita langsung berfikir untuk take ulang vokal (apalagi sampai berkali-kali) di studio yang mahal. Pertimbangkan anggaran yang harus kita keluarkan! Jika hasil take yang kita miliki sudah mencapai nilai layak edar/jual, juallah! Dengan cara menekankan nilai-nilai potensi jual pada produk yang sudah kita miliki saat ini, sebagai bentuk efisiensi waktu. Daripada kita hanya berjalan ditempat dan tidak melakukan penjualan dan hanya pengeluaran yang mahal saja. Dan kita akan tetap berusaha untuk memperbaiki poin-poin kekurangan kita di album-album berikutnya.

Perlu kamu tahu, untuk menghasilkan suatu karya/produk yang baik, membutuhkan biaya yang tidak sedikit disamping keahlian individu.

Dengan terus berlatih guna meningkatkan kualitas perform yang kita miliki, teruslah menjual! Jangan pernah pesimis dengan hasil yang kita miliki, jadikan setiap kekurangan sebagai motivasi untuk menciptakan karya yang lebih baik lagi.

Pertimbangan seperti ini juga bisa mencakup poin-poin seperti, penampilan (kostum), alat musik (gear) dll. Promosikan terus poin-poin yang menjadi keunggulan produk kamu dan jangan pernah menyerah dengan hanya berpikir bahwa produk kita akan baru bisa dijual dengan cara mengejar kesempurnaan saja, ITU SALAH! Cobalah untuk terus berusaha menjadi lebih baik lagi di masa depan, ITU SAJA!!!

Sekedar saran: Kalau seandainya kita belum bisa melakukan penjualan atau banyak penjualan, dari pada tidak melakukan apa-apa sama sekali (alias bengong), coba dech untuk mempersiapkan bahan-bahan untuk membuat album berikutnya, seperti: menciptakan lagu-lagu baru misalnya. Sehingga kita sebagai anak band tidak merasa jenuh, dikarenakan untuk bisa menjadi band yang terkenal untuk saat sekarang ini memang sangatlah sulit dan mahal.

Untuk lebih memotivasi kamu, baca juga artikel saya sebelumnya:


Peace, Love with Music - Langit Biru Band

Tidak ada komentar:

Posting Komentar