Senin, 08 Februari 2016

Pentingnya Peranan Artis Bagi Kehidupan Berbangsa Dan Bernegara

Bismillahirrahmanirrahiim...

Siapa sich artis itu? Seberapa besar kontribusi peranan serta tanggung jawabnya jika dilihat sebagai publik figure atau tokoh masyarakat dalam kehidupan berbangsa dan bernegara?

Yeah, semua orang pasti tahu kalo artis itu adalah orang terkenal...

Yups, lebih tepatnya orang yang memperoleh popularitas berdasarkan keahlian khusus atau kelebihan-kelebihan individual yang melebihi kebanyakan orang pada umumnya. Mereka itu juga terkadang adalah orang-orang yang dikagumi oleh masyarakat luas karena gaya hidup mereka yang lebih tinggi dari kebanyakan orang.

Tapi mungkin nggak semua orang tahu bahwa artis-artis tersebut juga memiliki peranan penting (yang bisa diartikan dengan 'tanggung jawab') terhadap imej/icon karakter suatu bangsa dan negara.

Apa yang mereka lakukan/kerjakan, seperti apa sepak terjang mereka akan sangat mempengaruhi pola pikir serta gaya pandang hidup suatu bangsa. Dimana mereka seharusnya bersikap lebih dewasa serta bijak dalam setiap tindakan dan keputusan yang mereka ambil agar tidak berdampak buruk/negatif, yang malah merugikan nama bangsa dan negaranya sendiri. Dan juga senantiasa memberikan contoh-contoh positif di hadapan khalayak.

Sebegitu pentingnya peranan seorang artis sebagai panutan bagi sebagian besar orang atau kelompok, memaksa mereka untuk bersikap lebih profesional dan memiliki kode etik (sopan) dalam setiap kesempatan. Tak terkecuali anak band. Meskipun profesi mereka mengharuskan mereka untuk bersikap cuek (cool), keren (fasionable), dan tidak formal, sudah selayaknya bagi mereka -setidaknya- untuk menunjukkan etika/sikap-sikap positif di depan para khalayak/fans mereka, sehingga tidak merusak nilai-nilai moral suatu bangsa.

Di satu sisi, jika mereka mampu mengemban amanah mereka sebagai artis, cepat atau lambat dampak positifnya bisa sangat dirasakan bagi segenap bangsa dan negaranya. Seperti misalnya, menumbuhkan kepercayaan publik atau bangsa asing terhadap potensi-potensi yang dimiliki bangsa Indonesia di berbagai sektor/bidang. Apalagi di era globalisasi seperti saat ini, dimana setiap negara saling bersaing untuk menunjukkan nilai-nilai potensi atau keunggulan mereka masing-masing.

Disinilah peranan artis/publik figur sangat dominan sebagai katalisator penting yang akan mewakili imej/karakter suatu bangsa, dimana mereka selalu berada diposisi terdepan atau yang paling mudah untuk disorot dimata orang banyak atau bangsa-bangsa lain.

Disini juga perlu adanya kesadaran di benak para artis/publik figur/tokoh masyarakat dalam peranannya mendukung kemajuan peradaban suatu bangsa. Bersikap lebih serius serta profesional dalam menjalankan profesi mereka, tidak kekanak-kanakan apalagi kurang ajar, demi kepentingan bangsa dan negara.

Membangun kepercayaan publik, dimana kebanyakan orang tidak bisa melakukannya serta menjadi inspirasi bagi orang lain untuk bangkit dari ketepurukan serta berpikir maju.

Yups, seandainya negara ini maju dengan segudang potensi yang tinggi, ditambah lagi kepercayaan dimata dunia, kira-kira seperti apa yach Indonesia???

Menurut perasaan saya kayanya sedari saya masih kecil dulu, belum pernah dijumpai bekas-bekas peninggalan serta sejarah yang kuat (kecuali di zaman Majapahit dulu atau zaman-zaman sebelumnya) tentang kesejahteraan, keamanan, pembangunan yang merata dan tulus seperti yang kita lihat di TV-TV, gambaran tentang negara-negara maju seperti Jepang, Amerika, Eropa, Australia dlsb...

Yeah! sudah waktunya Indonesia untuk bangkit dan majuuuuuuuu...

Kalo saya pribadi sich berharap, setidaknya sampe bisa melihat seluruh segenap lapisan bangsa ini bahagia (*hepi-hepi*) saja sudah cukup bersyukur biar urusan selanjutnya diserahkan kepada bangsa Indonesia sendiri, mau biasa-biasa aja ato kaya raya haha

Wallahu a'lam....

*hepi-hepi*: Cukup kebutuhan primer-nya atau kalo masih ada sedikit/lebih yang sekunder-nya juga ga papa...hehe


Peace, Love with Music - Langit Biru Band

Tidak ada komentar:

Posting Komentar