Jumat, 05 Februari 2016

Prinsip Dasar Promosi Dan Marketing

Bismillahirrahmanirrahim...

Prinsip dasar dari promosi adalah memperkenalkan suatu produk kepada khalayak/pangsa pasar, seluas-luasnya. Sedangkan prinsip dasar marketing berarti promosi plus menjual produk sebanyak-banyaknya.

Clue-nya adalah bahwa setiap jenis produk akan selalu bisa dijual selama produk tersebut memiliki manfaat bagi konsumen, meskipun nilai dari manfaat produk tersebut kecil (sedikit) dan harus dijual dengan keuntungan yang sedikit juga. Produk yang nggak bisa dijual adalah produk yang hanya merugikan konsumen dan tidak memberikan manfaat sedikitpun. Sekalipun dilakukan upaya dengan cara bagaimanapun, hanya akan merugikan citra (nama baik) kamu atau bisnis kamu sendiri. Kejujuran terhadap konsumen adalah poin yang sangat penting dalam hal ini...

Pahami setiap sisi kelebihan serta kekurangan produk kamu dan juga pesaing (untuk sekedar dijadikan perbandingan saja -penj) sebagai motivasi bagi produk-produk kamu berikutnya.

Mulailah untuk memproduksi dan memasarkan produk kamu dengan menggunakan strategi produk dan pemasaran yang sesuai dengan anggaran yang kamu miliki, jangan terlalu memaksakan diri, toh kalau memang produk kamu layak jual seharusnya tidak terlalu sulit (mahal) untuk menjualnya. Dan jangan latah jika melihat strategi produk maupun strategi pemasaran dari pesaing dengan mengikuti segala hal yang mereka lakukan (kamu hanya akan terus sebagai follower saja). Pertimbangkan segala sesuatunya yang kamu miliki dari anggaran kamu, jenis/karakter produk kamu, keunggulan produk kamu yang tidak dimiliki oleh pesaing, dan gunakan itu sebagai kekuatan (power) dalam strategi kamu sendiri. Cobalah untuk hanya memahami dan mempelajari strategi produk dan pemasaran yang pesaing kamu lakukan sebagai modal pengetahuan kamu dalam dunia marketing.

  • Tentukan jalan yang harus kamu ambil dengan cara mempelajari (meriset) hal-hal apa saja yang konsumen butuhkan/sukai. Jadikan sikap perduli terhadap konsumen sebagai petunjuk bagi strategi produk kamu. Jangan pernah membenci konsumen yang pada akhirnya hanya akan membuat kamu buta akan nilai-nilai manfaat produk yang harus kamu capai. Dan jangan pernah sombong apalagi serakah jika kamu telah berhasil melakukan banyak penjualan.
  • Keuletan & ketekunan: dalam setiap bidang profesi apapun, keuletan serta ketekunan mutlak diperlukan. Mencapai kesuksesan di zaman sekarang, nggak ada yang sifatnya deket-deket, semuanya bersifat perjalanan jauh nan beurat...
  • Saya banyak menemukan kegagalan.., dalam banyak hal saya sering kali gagal. Tapi selama saya tidak menyerah untuk selalu berusaha mencari solusinya, (insya Allah) biasanya sering kali juga saya menemukan pemecahannya, bahkan terkadang ide untuk inovasi baru...
  • Jadilah makhluk sosial jika kamu berhasil menjual banyak produk kamu.

Ini beberapa referensi buku yang menurut saya sangat cocok bagi kamu-kamu yang ingin menguasai ilmu marketing dan pemahaman strategi bisnis global yang lebih baik:

  1. A genie of Wisdom karya Jack Trout, penerbit Erlangga - Sebuah fabel tentang bagaimana seorang CEO belajar menjadi jenius dalam pemasaran.
  2. The End Of Marketing karya Sergio Zyman, penerbit Gramedia - Buku yang membahas bagaimana menyikapi sistem pemasaran yang mati (lumpuh).
  3. Dunia Tanpa Batas karya Kenichi Ohmae, penerbit Binarupa Aksara - Buku motivasi dan pemahaman tentang dunia bisnis yang tanpa batas.
  4. Al-Qur'an digital versi 2.2 freeware terjemahan dari Depag RI yang bisa kamu download langsung via GoogleDrive.

Note: Jangan pernah melakukan segala sesuatu yang bertentangan dengan Al-Qur'an, kamu pasti akan gagal! Trust it... :-)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar