Jumat, 05 Februari 2016

Mencari Inspirasi Di Atas Tumpukkan Jerami

Bismillahirrahmanirrahiim....

Mencari inspirasi baru dan revolusioner yang bisa menghasilkan uang di saat seperti sekarang ini, ibarat mencari jarum di atas tumpukkan jerami, sulit-sulit susah. Tapi kalo kamu nekat untuk terus mencari dan mencari, suatu saat kamu akan menemukkan apa yang kamu cari. Yeah, inspirasi...

Ada beberapa informasi yang bisa saya berikan kepada Labirin sekalian untuk menemukan inspirasi-inspirasi baru, yaitu:


1. Jelajahi dunia sebagai pusat inspirasi

Berjalan-jalan dipasar-pasar terkadang bisa merangsang otak kita dalam menemukan inspirasi-inspirasi baru juga loch. Di sana kita bisa belajar mengkategorikan produk-produk yang laku di jual dan seberapa besar potensi penjualannya, terutama dalam menemukan inspirasi yang sifatnya murah/terjangkau bagi kamu dan konsumen. Termasuk juga melakukan 'surfing' ke pasar-pasar online yang betebaran di dunia maya, bahkan kita juga bisa mencoba menjual produk sebagai seorang 'reseler' (sebagai permulaan), untuk menilai kemampuan kita dalam menawarkan serta menjual suatu produk.

Jelajahi juga mal-mal serta tempat-tempat pusat perniagaan (pusat pertokoan), untuk lebih mengasah kemampuan kita dalam memahami karakter produk yang bisa dijual berdasarkan trend terbaru, atau produk-produk terbaru dan tercanggih yang memiliki daya tarik terhadap konsumen kelas menengah ke atas.

Atau bisa juga melakukan pencarian ke setiap pelosok-pelosok negeri, untuk produk-produk yang bersifat tradisionil atau alamiah. Misal, kerajinan kayu untuk usaha interior dan eksterior rumah yang lebih murah dan terjangkau, perkembangan kerajinan batik dengan prospeknya sebagai produk seni dan budaya, bahan-bahan baku serta resep masakan daerah yang kira-kira cocok dengan selera konsumen saat ini, beragam jenis bahan obat-obatan tradisional dan alami, kerajinan-kerajinan tangan dari beragam suku dan budaya yang sangat banyak jumlahnya di Indonesia sebagai produk-produk merchandise, cinderamata dlsb.

2. Membaca berita aktual dan terpercaya

Koran atau majalah akan selalu memberikan banyak informasi tentang perubahan zaman dan pola pikir konsumen, serta ide-ide produk jual baru yang terjadi di Indonesia. Misal, trend penjualan atribut olah raga yang tengah mewabah dikalangan masyarakat, gadged baru dan murah, fasion dan aksesoris, gaya rambut, trend anak muda saat ini, trend para selebriti dlsb.

Memahami perubahan trend bisnis global, juga bisa memberikan gambaran dalam pikiran kamu tentang tujuan bisnis yang tengah atau akan naik daun. Sehingga kamu dapat memprediksi terlebih dahulu, atau mungkin menciptakan trend produk baru yang menarik bagi konsumen. Perkembangan metode-metode penjualan terbaru yang biasanya diadopsi dari produsen luar -jika kamu jeli-, juga bisa memberikan kamu peluang kesempatan yang cukup menjanjikan loch.

Berita-berita tentang bursa saham juga akan selalu memberi tahu kepada kamu tentang informasi sektor bisnis apa saja yang masih memiliki peluang besar di perekonomian dalam dan luar negeri. Berita-berita dari para tokoh/ahli bisnis bisa jadi yang menjadi alasan fundamental perubahan-perubahan besar disektor perekonomian. Perkembangan dunia teknologi dan inovasi, juga bisa memberikan kamu ide segar tentang produk-produk revolusioner yang ingin/tengah kamu kembangkan.

3. Info dari pengiklan

Perhatikan brosur iklan, poster, iklan tv, spanduk, plang usaha, serta segala produk advertising lainnya. Karena pengiklan biasanya tidak hanya menjelaskan produk-produk yang tengah mereka promosikan, tapi juga ide-ide brilian untuk mengetahui banyak informasi-informasi yang berharga tentang peluang bisnis yang ada berdasarkan riset pemasaran yang mereka (para advertiser) lakukan.

4. Tuhan sebagai sumber inspirasi Maha Kaya

Maksudnya Tuhan adalah sumber petunjuk yang hakiki, Dia-lah Yang memiliki sifat Yang Maha Tahu dan Yang Maha Kaya. Segala ide dan inspirasi yang ada dimuka bumi ini, tidak lain dan tidak bukan berasal dari-Nya. Dia tentu tahu, produk-produk apa saja yang akan laku keras dipasaran atau perkembangan trend yang akan terjadi dimasa depan, melebihi para pengamat ekonomi terbaik yang ada didunia. Atau yang lebih hebat lagi, Dia (Allah) tahu ide apa yang paling cocok untuk kamu usahakan berdasakan keahlian yang kamu miliki, situasi serta kondisi keuangan kamu, metode penjualan yang paling tepat untuk kamu, patner bisnis yang cocok dengan kamu, waktu yang paling tepat untuk mulai memasarkan produk, dlsb. Allah juga bisa membantu serta memudahkan kamu dalam menjalankan segala bentuk usaha yang ingin atau tengah kamu jalankan, biar berkah, biar aman, biar laku keras, biar sukses dlsb.

Caranya adalah dengan beribadah tulus dan ikhlas guna meraih ridha Allah Ta'ala. Jadi singkatnya, "Jagalah Allah, maka Allah akan menolong dan melindungi kamu dalam meraih segala kesuksesan hidup", termasuk dalam setiap usaha dan bisnis kamu.

5. Mempelajari seluk-beluk asal-muasal inspirasi produk-produk inovasi yang berkembang di saat ini dari pengalaman-pengalaman para inovator-inovator sukses.

6. Jangan pernah takut bermimpi (berhayal). Gak usah jauh-jauh lah, yang penting ada manfaatnya bagi kehidupan sehari-hari saja. Misal, karena saya perokok kelas ringan saya pernah berhayal untuk membuat sebuah produk serupa rokok yang lebih sehat. Nantinya akan saya beri nama hydro smoke atau Oz smoke yang berbahan dasar air dengan kadar oksigen tinggi dan sari buah, yang saya klaim bukan hanya mampu menggantikan posisi rokok tembakau tapi juga mampu menyehatkan paru-paru. Keren kahn...tapi jangan berhayal yang aneh-aneh yach, pertimbangkan selalu fungsi serta manfaatnya bagi kehidupan, dan bahan baku yang akan digunakan, biaya serta teknik produksi dlsb.

Oke, brad cukup ini saja informasi dari saya, semoga dapat bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar