Jumat, 12 Februari 2016

Dunia Internet (Online)

Bismillahirramanirrahiim...

Dunia Internet (Online) adalah dunia baru yang sudah beberapa tahun ini telah mengisi sebagian dari kehidupan manusia. Dunia baru yang belum seluruhnya terjelajahi, dan masih sangat banyak menyimpan potensi kekayaan yang melimpah.

Yeah, seperti dunia yang masih baru/liar pada umumnya, kekacauan, ketidakstabilan, perompakkan, pencurian, penipuan masih sangat sering terjadi karena belum adanya suatu sistem hukum yang mampu mengaturnya. Yups, semua kekacauan itu terjadi karena ulah masyarakat dunia maya, jadi untuk menjadikan dunia maya itu indah, damai, dan aman, juga memerlukan dukungan yang sangat besar pula dari seluruh masyarakat dunia maya tersebut.


Memang dibutuhkan biaya serta perhatian yang tidak sedikit untuk bisa menjaga kestabilan kehidupan dunia maya, jadi wajar masih diperlukan banyak sekali waktu lagi sampai semua hal itu bisa terwujudkan dengan baik. Tentu saja manfaatnya juga seharusnya menjadi sangat besar terhadap kehidupan manusia, bukan sebaliknya.

Banyaknya situs-situs web maupun blog, adalah sebagian dari bentuk kehidupan disana. Ada berbagai macam jenis blog maupun situs yang menyediakan berbagai macam informasi dalam bentuk artikel maupun gambar secara cuma-cuma, sehingga menjadikan dunia ini begitu menarik dan menyenangkan. Semua orang dapat saling berbagi informasi dan pengalaman mereka kepada orang lain di seluruh penjuru dunia tanpa terikat oleh waktu dan tempat. Sehingga dapat dibayangkan betapa luar biasanya dunia yang satu ini, selain yang bisa didapatkan di dunia nyata.

Sistem-sistem bisnis/perdagangan via online, juga yang menjadikan dunia ini begitu berharga dan bermafaat bagi banyak orang. Banyak orang-orang (pebisnis) yang berbondong-bondong hijrah mencari peruntungan ekonomi di dunia yang satu ini. Walaupun sampai saat ini, peruntungan yang didapat belum bisa menyaingi sistem perekonomian di dunia nyata, tapi ada banyak sekali orang yang mengharapkan sistem bisnis online yang lebih baik lagi dimasa depan.

Ironisnya, dari sekian banyak keuntungan serta manfaat dari dunia online ini, masih ada juga sebagian besar orang yang dirugikan oleh adanya sistem dunia maya yang belum terkendali dengan baik. Misalnya, musisi seperti saya hehe, yang harus rela mp3 nya dibeli dengan harga gratis, dan juga para developer software, film/video dan games, yang produknya selalu menjadi korban perompakan masyarakat dunia maya yang tak punya perasaan dengan alasan sharing/berbagi. Padahal untuk bisa membuat produk-produk tersebut biayanya bisa sangat mahal loch, dan tentu saja sangat sulit (dibutuhkan keahlian, usaha serta waktu yang tidak sedikit).

Ada juga ditemukan berbagai masalah, seperti konten-konten yang ada di dalam suatu web situs maupun blog. Yang oleh bloger, biasa disebut dengan copas (copy-paste) atau repost. Tentu saja aksi tersebut bisa saja dikategorikan sebagai bentuk pencurian artikel atau konten web, kecuali artikel-artikel atau konten yang berlisensi free/gratis atau telah diberi ijin oleh pembuatnya/pemiliknya untuk digunakan dengan tujuan sosial atau komersil.

Di dalam dunia online, artikel ibarat jalan/traffic yang menghubungkan antara surfer dengan suatu situs web atau blog. Karena adanya traffic tersebut, suatu situs web maupun blog bisa saja menambahkan atribut-atribut periklanan kedalam blog atau situs-situs mereka dengan mengharapkan keuntungan dari para visitor atau pemasang iklan. Dan masih sangat banyak lagi manfaatnya, sehingga kedudukan sebuah artikel bisa sangat berarti bagi penulisnya.

Tapi bukan berarti para tukang copas atau repost itu jahat loch. Karena tidak sedikit, dari mereka yang melakukan aksi copas tersebut dengan tujuan untuk membantu mempopulerkan penulisnya, dan mereka terpaksa melakukan aksinya tersebut karena menilai manfaat dari artikel tersebut bagi orang yang mampir ke web mereka, sekalian melindungi serta menjaga kelestarian kekayaan intelektual Indonesia yang ada di dunia online, sehingga tetap berguna bagi para surfer/pengunjung dunia maya hingga masa depan. Itu kan alasan yang cukup mulia??? [koreksi jika salah hehe]

Tapi kalo dipikir-pikir seandainya dunia online kehilangan kegratisannya, apa masih semenarik sekarang? Saya rasa tidak, pasti gak ada artinya lagi tuch artikel, gambar-gambar, sistem-sistem bisnis online dan lain sebagainya, karena surfer atau pengunjungnya jadi males maen ke dunia online. Jadi ibarat kata dunia online dan konten atau fitur-fitur gratis tuch udah seperti elemen yang tidak bisa dipisahkan haha, cuz kalo apa-apa pake bayar kan BT juga kale yach...

Yeah, itulah sedikit cerita tentang dunia internet. Diharapkan kedepannya bisa lebih menjanjikan keuntungan bagi para penggunanya serta peluang bisnis yang lebih baik dan lebih aman.

Sebelum berpisah kami ingin mengucapkan terima kasih kepada para visitor yang telah berkunjung ke blogsite 'ReadOne Note' yang keren dan selalu keren ini, dan rasakan manfaat dari konten-konten serta freestuff yang kami berikan secara gratis... Hati-hati penipuan!!!


Peace, Love with Music -- Langit Biru Band

Tidak ada komentar:

Posting Komentar