Jumat, 26 Februari 2016

Tips Take Vocal Yang Baik

Bismillahirrahmanirrahiim....

Memang butuh keuletan serta usaha yang gigih untuk bisa menghasilkan hasil vocal yang baik. Dan setiap masalah itu ada, memang untuk di pecahkan dan di setiap kali kamu menemukan kesulitan, di situ mungkin ada jalan...

Setelah susah payah berlatih untuk mengoptimalkan kemampuan vokal, tapi koq masih saja ada banyak kekurangan-kekurangan. Yups, pada saat seperti inilah waktunya bagi Langit Biru band memberikan tips-tips jitunya berdasarkan pengalaman-pengalaman mereka kepada Labirin sekalian...

Ada beberapa metode yang biasa Langit Biru band lakukan untuk menghasilkan hasil vokal yang baik pada saat recording vokal, diantaranya:

Pertama, dengan melakukan take vocal berkali-kali (3 - 5 track -penj), baru kemudian disortir bagian-bagian hasil take yang memiliki sound terbaik dinilai dari segi pitch control-nya, tone, soul, dan juga tempo, kemudian digabungkan menjadi sebuah track vocal yang the best of part.

Cara kedua adalah dengan metode gate, yaitu dengan melakukan take vocal diringi dengan suara vokal yang sudah oke (hasil dari metode pertama -penj), tapi masih perlu dirapihkan sedikit lagi (tahap finishing). Metode ini juga bisa digunakan untuk mengatasi masalah take vocal yang suka naik turun tone-nya dan pada saat kamu latihan.

Ketiga, sebagai finising saya paling (atau mungkin tidak) suka nge-take vocal secara part-by-part, hanya dibagian kalimat/kata dari lagu yang perlu di perbaiki (fals) saja sehingga menghemat waktu dan tenaga (karena daya tahan kemampuan vokal kan terbatas).

Terakhir, setelah selesai coba di evaluasi kembali hasil take kamu, kemudian kamu pelajari lagi tone, pitch control, serta temponya. Apa hasilnya sudah enak didengar???

Coba berikan kompresor, EQ dan reverb, terus dengarkan di beberapa media player, seperti WMP, mp3 player atau hape, apa hasilnya sudah memuaskan??? Jika belum, coba untuk di pelajari lagi poin-poin yang membuat hasil take kamu terasa kurang.

(Baca juga artikel saya sebelumnya: "Hal-Hal Yang Perlu Di Perhatikan Saat Take Vocal")

Tambahan tips konyol untuk menjaga mood tetap ok adalah dengan menerteriakan yel-yel dari kata-kata pembangkit semangat seperti 'yeah' di bagian lagu yang off seperti disaat melodi... (terus kamu dengerin hasilnya)

Note: Metode di atas sebaiknya hanya digunakan pada saat-saat yang urgen saja, jangan di salah gunakan sehingga menjadikan Labirin sekalian menjadi malas dan lemah. Walau bagaimanapun latihan itu penting untuk menjaga kualitas vocal, tanpa kualitas vocal yang oke niscaya metode diatas nggak akan ada manfaatnya. Dan kalo ternyata tips di atas masih ga mempan juga mungkin sebaiknya kamu istirahat saja untuk memulihkan kemampuan vocal kamu.

Hmph, satu lagi petuah sakti dari Songoku (salah satu tokoh film animasi Jepang - Dragon Ball), katanya: "Untuk bisa menjadi vokalis yang lebih hebat, kamu harus bisa melampaui batas-batas akhir dari kemampuan kamu" dengan tidak pernah menyerah di setiap kegagalan-kegagalan yang kamu temui. Itu adalah kunci untuk segala kesuksesan di jagad alam semesta ini...

So, tetap semangat dalam berlatih dan jangan pernah menyerah. Dan perlu juga Labirin ketahui, sesungguhnya kemampuan vocal itu adalah anugrah dari Tuhan Yang Maha Kuasa, jadi jangan sampai lupa berdoa kepada Allah SWT dan mensyukuri segala nikmat yang telah Dia berikan...

Good luck

Tidak ada komentar:

Posting Komentar