Jumat, 12 Februari 2016

Tugu Monas Yang Membanggakan

Bismillahirrahmanirrahiim....

Ada yang pernah mikirin gak tentang makna dari tugu Monas? Dibawah ini adalah hasil pemikiran yang saya dapat setelah saya memikirkannya.

Simbol Ketidak Serakahan

Posisi Tugu Monas yang ada ditengah-tengah kota serta emas yang berada di puncaknya, menyimbolkan bentuk ketidak serakahan bangsa Indonesia terhadap emas dan lebih menghormati arti keberadaan Tugu Monas itu sendiri ketimbang untuk memilikinya. (Atau setidaknya itu adalah satu-satunya bukti ketidak serakahan bangsa Indonesia).

Simbol Kebebasan/Kemerdekaan

Yeah, Tugu Monas juga mengandung makna kebebasan/kemerdekaan, cuz nggak ada orang yang berani (lagi) mengusik keberadaan tugu ini. Itu menunjukkan sikap kepedulian bangsa ini terhadap Tugu Monas masih sangat kuat, sehingga makin mengkokohkan arti kedaulatan bangsa Indonesia dimata para penjajah. Itu simbol kebebasan bangsa Indonesia dari segala macam bentuk tirani, diatas tanah tumpah darah Jakarta - Indonesia.

Simbol Plant of Spirit

Kalo dilihat secara close up, Tugu Monas itu menyiratkan simbol akan Tumbuhan Semangat (dengan api emas sebagai wujud dari semangat bangsa Indonesia) yang belum matang, yang menunjukkan bahwa bangsa ini masih harus terus berkembang dan tumbuh. Hmph, tapi kalo dipikir-pikir belum berkembang saja sudah keren apa lagi kalo sudah berkembang yach, mungkin nanti kalo sudah matang emas yang ada dipuncaknya akan jadi emas murni semua kali yach, atau mungkin akan merekah seperti bunga teratai. Ouch, kita tunggu saja nanti.

Simbol Persatuan dan Kesatuan

Tugu Monas juga merupakan simbol persatuan serta kesatuan bangsa Indonesia untuk tetap menjaga kemerdekaan dengan penuh kesadaran dan pengorbanan. Sudah selayaknya segenap lapisan bangsa ini senantiasa memupuk persatuan dan kesatuan. Jangan biarkan perpecahan memporakporandakan hasil-hasil perjuangan para pendahulu bangsa. Berdiri diatas ketinggian dan menatap jauh kedepan...

Simbol Kemakmuran

Emas yang ada dipuncak menyiratkan kemakmuran bangsa Indonesia (setidaknya dimasa lalu) dan merupakan motivasi tersendiri bagi segenap bangsa Indonesia untuk berusaha keras serta bahu membahu dalam meraih puncak kesuksesan diatas muka bumi, di era 'Gold Age' nanti.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar