Selasa, 16 Februari 2016

Mencari Kebenaran Di Dalam Kesempitan


Bismillahirrahmanirrahiim...

Terkadang para pencari kebenaran itu ibarat pengembara ditengah-tengah gurun pasir. Dimana kebenaran yang mereka cari ibarat oase yang menghapus dahaga kedalam jiwa mereka. Begitu penting arti kebenaran bagi mereka, sebagai penunjuk arah hidup sang pengembara.

Karena didalam ketidakbenaran, tidak akan ada lagi cahaya...

Didalam kegelapan masalah, tidak akan ada lagi keadilan...

Didalam ketidakadilan, tidak akan ada lagi kedamaian...

Didalam kekacauan, tidak akan ada lagi kebahagiaan...

Begitu penting arti kebenaran didalam hidup ini guna menjaga poin-poin terpenting didalam mekanisme kehidupan.

Bagaimanakah cara kita untuk bisa menemukan kebenaran ditengah-tengah kehidupan yang penuh dengan tipu daya dan kemunafikkan, disaat tak ada lagi petunjuk tentang adanya kebenaran?

Beberapa petunjuk penting dalam mencari kebenaran didalam kesempitan:

  1. Tetap berdiri tegar dengan penuh kesabaran, hingga kebenaran muncul laksana matahari terbit di ufuk timur. Dan seringkali kebenaran itu memang hadir bersama adanya kesabaran.
  2. Di saat kamu merasa buta terhadap kebenaran, dan tidak menemukan seorangpun yang bisa memberikan kamu keyakinan terhadap kebenaran, gunakan ketidakbenaran sebagai patokkan, sebagai dasar hal-hal yang seharusnya tidak kamu ambil/terima.
  3. Cara yang paling utama dalam mencari kebenaran hakiki adalah dengan berpegang teguh kepada firman Allah (Al-Qur'an) dan hadits-hadits Rasulullah Shalallahu 'alaihi wa salam (As-Sunnah).
  4. Untuk menemukan kebenaran tentang ilmu pengetahuan adalah dengan bertanya kepada orang-orang yang mengerti atau dengan membaca buku-buku yang berkaitan dengan ilmu yang hendak kamu pahami.
  5. Carilah kebenaran melalui dialog/diskusi/musyawarah bersama dalam mencari solusi terbaik pemecahan berbagai masalah.

Itulah sedikit 'clue' yang bisa saya berikan untuk kamu-kamu yang hendak mencari kebenaran, semoga bermanfaat bagi kehidupan...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar