Selasa, 01 Maret 2016

Menjadikan Situs Webs Kamu Terkenal

Bismillahirrahmanirrahiim...

Menjadikan situs web kamu terkenal, tak perlu menjadi orang yang populer terlebih dahulu, atau menjadi seorang anak band terkenal dengan segudang fans yang ia miliki. Tapi hanya dibutuhkan semangat positif serta dukungan kerja keras tanpa mengharapkan pamrih, seseorang akan memiliki kemampuan yang luar biasa dalam mempopulerkan situs web dan blog pribadinya.

Manfaat Bloging

Manfaat dari memiliki sebuah situs web atau blog antara lain: bisa dijadikan sebagai sarana untuk mengasah keahlian berekspresi dalam bentuk tulisan/posting, memberikan (sharing) informasi kepada banyak orang, sebagai sarana pengiklanan suatu produk atau monetize, sarana opini public yang cerdas, bisa mempopulerkan ID kamu sebagai seorang penulis, sebagai curiculum vitae yang fleksibel dan informatif bagi pemiliknya, dan masih ada banyak lagi manfaat lainnya.

Nach, berikut adalah tips dan trik untuk menjadikan situs web kamu terkenal:

1. Posting Artikel
Perbanyaklah menulis dan memposting artikel secara konsisten, original (memiliki karakter yang jelas terhadap gaya penulisan kamu sendiri), terutama yang banyak memberikan informasi-informasi serta manfaat yang berguna bagi visitor.

Tingkatkanlah selalu kemampuan menulis kamu dengan sering-sering membaca dan berlatih. Lakukanlah beberapa ekperimen serta pengamatan-pengamatan (riset), tentang berbagai macam hal dan permasalahan/kasus, dan pikirkanlah suatu solusi atau opini yang berdasarkan kepada logika yang benar, yaitu logika yang tidak memunafikkan akan keberadaan Tuhan Yang Maha Esa. Kumpulkan segala bentuk solusi dan opini kamu sehingga menghasilkan karya artikel-artikel yang original dan bermanfaat (bedasarkan hobi dan bidang keahlian yang telah benar-benar kamu kuasai).

Usahakan artikel yang kamu tulis sesuai dengan apa yang menjadi visi dan misi kamu membuat situs/blog. Jika situs kamu memang sengaja diperuntukkan sebagai sarana pengiklanan/penjualan produk, buat juga berbagai artikel yang mengulas/mereview tentang segala informasi tentang produk yang dijual di situs kamu. Jika sudah terbiasa, mungkin kamu bisa mulai mengembangkan kelebihan situs dan review kamu dengan bekerja sama dengan sponsor, dan menjadi seorang freelancer sales promotion mereka.

Bersikaplah dewasa, dengan mengikhlaskan segala artikel yang sudah kamu posting di internet demi kepentingan visitor, karena segala yang sudah menjadi milik internet, sulit untuk ditarik kembali. Namanya juga dunia berbagi, jadi jangan pernah kecewa terhadap segala hal buruk yang akan dialami oleh artikel-artikel kamu dimasa depan, itung-itung turut mendukung program pencerdasan bangsa, maka ikhlaskanlah... Sesungguhnya Allah Maha Tahu, dan Dia akan selalu membalas segala perbuatan hamba-hamba-Nya tanpa kecuali.

2. Domain
Gunakan nama domain yang mudah diingat, familiar dan sederhana (singkat). Belilah nama domain hosting kamu sendiri serta gunakan CMS web yang lebih profesional. Kemudian cobalah untuk fokus hanya dengan mengelola satu atau dua nama domain dulu, setelah kamu benar-benar bisa memanagement situs-situs kamu dengan sangat baik, baru berpikir untuk membuat (domain) situs baru.

3. Jadilah Seorang Bloger/Penulis Terkenal
Bangun public relations yang kokoh melalui komunikasi yang intens dan berkarakter kuat diberbagai forum gaul (seperti, Kaskus, Yahoo Group, Google Group, Yahoo Answers, dlsb), forum edukasi, forum marketing dan forum formal lainnya. Berikan segala sesuatu yang bermanfaat bagi banyak orang, serta bermanfaat bagi bangsa dan negara. Kemudian jangan lupa tinggalkan link ke website/blog kamu di berbagai kesempatan yang ada.

Setelah merasa 'gape' dalam hal menulis artikel yang original (dan sudah seharusnya kamu jago -penj) dan bermanfaat, kamu bisa mencoba untuk menyisihkan sebagian karya buah pikir kamu untuk di kirimkan ke berbagai media surat kabar atau sejenisnya, dengan menyertakan ID penulis yaitu website kamu sendiri jika memungkinkan. Maksudnya biar terkesan lebih profesional dan beken, siapa tahu kamu ternyata memiliki kualitas sebagai seorang penulis artikel yang handal karena kebiasaan kamu dalam menulis, kan lumayan juga. hehe :-D

4. Web Direktori
Daftarkan website/blog kamu ke berbagai web direktori yang ada di dunia online, seperti Alexa, Tecnorati, NetworkedBlogs, indonesia-blogger.com, dlsb.

5. Social Network
Promosikan juga website/blog kamu di berbagai social network, sehingga semua teman/sahabat/saudara kamu bisa tahu bahwa kamu adalah seorang bloger dan web developer sejati serta bangga sebagai seorang bloger.

6. Perbanyaklah Berkomentar di blog atau situs yang berindikasi Dofollow, dan bangun jaringan link yang sehat menuju blog atau website kamu. Berkomentarlah dengan cerdas dan hati-hati serta sesuai dengan topiknya, agar kamu lebih dihargai oleh para bloger lainnya.

7. Kamu juga bisa membangun jaringan trafik yang baik menuju website kamu dengan membuat wallpaper, foto, gambar, video tutorial atau ebook yang didalamnya telah disematkan alamat/link yang menuju ke website kamu. Kemudian promosikan wallpaper, video tutorial atau ebook kamu melalui jejaring sosial (FB, Twitter, Google Plus, LinkedIn, You Tube, Photobucket, Flickr, Pinterest, dlsb) atau forum.

8. Promosikan website kamu secara offline, bisa dengan melalui sms, menyebarkan stiker, mengadakan pertemuan (bertukar kartu nama), memasang iklan (brosur, poster, dlsb), kaos, stiker, iklan di koran, dlsb.

9. Buatlah desain tampilan blog (template) yang baik tapi ringan, alias tidak lemot sewaktu dibuka, dan usahakan website kamu juga memiliki sistem navigasi artikel yang sangat baik (user friendly) serta informatif.

10. Belajar banyaklah kepada para bloger-bloger yang lebih senior seputar masalah seo dengan membaca artikel-artikel mereka, atau kamu bisa saja membeli trafik dengan cara memasang iklan dan menggunakan jasa pakar seo yang terpercaya guna mendongkrak popularitas website/blog kamu.

Memang, untuk bisa menjadikan website kamu menjadi terkenal bukanlah hal yang mudah, dibutuhkan banyak sekali kesabaran, keuletan, kerja keras serta dedikasi yang tinggi sebagai seorang bloger sejati. Percayalah, jika kamu telah memberikan usaha yang terbaik bagi website atau blog kamu, kemungkinan besar suatu saat, blog atau website kamu akan bisa memberikan manfaat yang cukup besar bagi kamu.

Mungkin perlu juga kamu ketahui bahwa jika kamu sering berinteraksi dan merasa 'enjoy' dengan dunia bloging, itu akan menjadi sebuah investasi yang cukup menarik dimasa depan loch! Apalagi jika ditinjau potensi dunia online yang sangat menjanjikan dalam mendukung terciptanya sistem komunikasi bisnis yang mudah dan cepat. So, jangan mudah menyerah dan kalah... tetap semangat!


Peace, Love with Music - Langit Biru Band

Tidak ada komentar:

Posting Komentar