Selasa, 15 Maret 2016

Belajar Menulis Lagu


Bismillahirrahmanirrahiim....

Yeah, Labirin sekalian ada yang berminat untuk menjadi penulis lagu yang cooool??? Kemudian menjadi musisi terkenal yang kereeen... Baiklah, saya akan coba membantu kamu dengan segenap pengalaman saya dalam menulis lagu.

Kualitas lagu itu tergantung pada soul serta skill bermusik dari penulis lagu atau para anggota suatu band, dan juga beberapa masukan/gagasan cerdas kedalam suatu lagu. Ini yang akan membawa sebuah perubahan baru bagi kemajuan sebuah band/solo.

Kemampuan minimum yang harus di kuasai:
  1. Harus bisa memainkan alat musik rhythm seperti gitar atau piano (keyboard).
  2. Minimal menguasai chord dasar seperti chord mayor, minor dan chord balok/barre (untuk gitar).
  3. Menguasai banyak bentuk-bentuk petikan dan genjrengan/picking (untuk gitar).
  4. Vocal yang bagus biasanya sangat mempengaruhi kualitas lagu yang ingin dibuat.
  5. Kebiasaan membaca juga penting guna memperluas wawasan kamu tentang sastra, iptek, news, religi, musik, bisnis, dsb. Yups mau jadi penulis lagu yang handal memang harus pintar.
  6. Berpikir dewasa nan cerdas serta selalu full in LOVE thinking (maksudnya ga mudah BT)...

Seperti halnya belajar gitar, kemampuan mencipta lagu juga harus dilatih secara terus-menerus. Cara melatihnya gimana??? Yach, dengan sering-sering menciptakan lagu dounk.

Sebenernya yang disebut bakat itu adalah kemampuan seseorang yang secara continyu diasah/dilatih. Dengan sering-sering berlatih, maka bakat seseorang akan berkembang secara tanpa ia sadari. Begitu juga bagi para calon pencipta lagu atau biasa juga di panggil song writer. Song writer yang profesional pada awalnya mulai melatih kemampuan/bakatnya dengan banyak mendengarkan lagu-lagu yang bagus. Yups, cukup dengan hanya mendengarkan saja. Hingga muncul keberanian (atau panggilan jiwa) dari dalam diri mereka untuk menulis sebuah lagu.

Memang pada awalnya lagu-lagu yang berhasil tercipta untuk pertama kalinya itu biasanya masih banyak kurangnya, seperti kurang enak lah, kurang keren atau kurang dewasa. Tapi dengan ketekunan serta kegigihan untuk terus menulis lagu (sikap pantang menyerah), pada akhirnya para penulis lagu pun berkembang menjadi seorang song writer yang lebih baik dan lebih baik lagi. Ingat baik-baik yach, 'hanya karena ketekunan serta kegigihan serta sikap pantang menyerah', pada akhirnya mereka berhasil menjadi pencipta lagu yang baik (handal)...

Perbanyaklah mendengarkan lagu-lagu dari orang lain dengan lebih seksama. Jika kamu ingin menjadi pencipta lagu pop, dengarkanlah lagu-lagu pop. Jika ingin menciptakan lagu-lagu rock alternative, yach perbanyak mendengarkan lagu-lagu rock atau alternative. Atau kamu ingin gado-gado seperti saya, yach tinggal pesan sama mpok Bariyah yang jualan diujung tikungan sono hehe...

Manfaat dari mendengarkan lagu-lagu orang lain adalah untuk mengembangkan pemahaman kamu di dalam pikiran alam bawah sadar kamu sehingga kamu memiliki banyak vocabulary/perbendaharaan elemen-elemen musikal didalam naluri/insting kamu yang akan memudahkan serta membantu kamu pada saat menciptakan sebuah lagu, tapi ini berbeda dengan teknik plagiat loch...

Yeah!!! Labirin sekalian siap menjadi seorang song writer yang hebat???

Siap untuk menjadi calon musisi terkenal???

Mong-Go dilanjut gan... hahaha :-D

Sekarang saya (Mastera Ridone) akan coba memaparkan tahap-tahap pada proses penciptaan lagu yang baik... Hanya berdasarkan pengalaman saya saja, pada prakteknya mungkin Labirin sekalian akan menemukan metode-metode yang lebih sesuai dengan bakat (special abbility) yang Labirin dimiliki...

Langkah pertama adalah menciptakan irama lagunya dulu, bisa mengunakan gitar atau piano. Biasanya diawali dengan bersenandung ria nanana atau lalala sambil memainkan rangkaian-rangkaian chord gitar. Sampai dapet irama lagu yang bagus serta enak didenger. Ini adalah proses terpenting (menurut saya) yang akan menentukan kualitas/nilai akhir keseluruhan lagu yang ingin dibuat.

Beberapa poin yang harus dipertimbangkan pada proses ini, antara lain:
  1. Mau bikin aliran/jenis musik apa??? Pop, rock, anternative atau mungkin melayu dangdut misalnya.
  2. Pikirkan dengan bijak nilai serta gagasan komersil dari lagu atau musik yang akan dibuat, biar nggak jadi sia-sia nantinya. Cuz, segala sesuatu yang sudah dibuat tidak bisa dirubah lagi.
  3. Variasi chord dan genjrengannya juga harus dipertimbangkan matang-matang. Akan jauh lebih baik kalau kamu juga memiliki gambaran improvisasi kedepan, seperti apa bentuk rhythm atau lead gitarnya (melody). Mo bikin yang ngebeat (ceria) atau mellow (sedih).
  4. Warna musik dan karakter vocal, sebaiknya original saja, jangan mengikuti karakter lagu atau vocal orang lain. Cuz akan sangat berpengaruh terhadap level popularitas (sebagai follower atau trend setter -penj) yang bisa dicapai nantinya.
  5. Mood juga akan mempengaruhi kualitas lagu yang akan dibuat, jadi usahakan mood kamu dalam keadaan normal atau hepi-hepi pada saat ingin membuat lagu yang ceria atau pas mood kamu lagi sedih dan merana pada saat ingin membuat lagu yang mellow.
  6. Jangan lupa direkam loch, menggunakan tape recorder atau HP, biar gak lupa... Oooke

Kemudian langkah yang kedua adalah proses penulisan lirik lagu. Ini akan sangat bergantung dari kepribadian kamu, kalau kepribadian/karakter diri kamu baik (terpuji), tentu lirik lagu yang tercipta juga akan baik. Penulis lagu yang komersil akan sangat memperhatikan bahwa lirik yang mereka tulis tidak mengandung unsur SARA seperti kata-kata yang bersifat porno, provokative (fitnah) atau kata-kata yang kasar. Sebaliknya mereka akan mengutamakan menulis lirik-lirik lagu (pesan-pesan) yang mendidik dan menuntun manusia/audien kejalan yang lurus.

Hal-hal yang biasanya perlu diperhatikan antara lain:
  1. Lirik lagu harus sesuai dengan karakter orang yang akan menyanyikannya, biar penjiwaan serta penyampaian pesannya semakin berasa (intimate).
  2. Harus dapat memenuhi syarat lagu yang menghibur, jadi sebisa mungkin mempertimbangkan kondisi psikologis calon pendengar/audien nantinya.
  3. Temanya juga harus bervariasi serta inovatif, nggak monoton dan usahakan se-original mungkin yach...
  4. Sesuai gak dengan zaman??? (kalo itu sifatnya hanya optional saja, pada prinsipnya lagu yang bagus gak akan pernah lekang oleh waktu).

Tips dari Langit Biru band adalah banyak-banyaklah mendengarkan lagu orang lain yang Labirin sekalian nilai bagus untuk menambah vocabulary intuisi/feeling kamu di saat ingin membuat sebuah irama lagu. Perhatikan chord-chord yang digunakan serta variasi pola genjrengan gitarnya. Dan juga perbanyaklah membaca guna menambah wawasan, itu akan sangat memudahkan kamu pada saat ingin menulis lirik serta tema lagu.

Sisanya cuma harus sering-sering membuat lagu saja, percayalah suatu saat Labirin sekalian pasti bisa menjadi penulis lagu yang cooool...

Jangan putus asa yach, saya juga dulu begitu koq waktu baru pertama kali membuat lagu... satu kesimpulan yang harus (secara terpaksa) saya pahami adalah memang dibutuhkan waktu serta pengalaman yang cukup lama untuk bisa menjadi sukses... berilah kesempatan pada diri kamu untuk menjadi lebih dewasa... coz sekarang saya 'dah dewasa loch hehe - daaaghh


Peace, Love with Music - Langit Biru Band

Tidak ada komentar:

Posting Komentar