Kamis, 31 Maret 2016

Mendengarkan Suatu Karya Musik


Bismillahirrahmanirrahiim...

Apa yang di pelajari pada saat mendengarkan sebuah karya musik bagi seorang penulis lagu???

Mempelajari serta memahami nilai-nilai kematangan suatu karya musik, dari musikalitas sampai lirik lagu, kemudian menjadikannya sebagai pertimbangan pada saat membuat karya musik kita sendiri. (Tapi, bukan plagiat...loch)

  1. Irama atau susunan nada-nada (genre dan chord);
  2. Lirik lagu; dan
  3. Nilai seni (musikalitas dan sastra).
⚆ Irama atau Susunan Nada-Nada
Hal paling pertama yang kita perhatikan disaat kita tengah mendengarkan sebuah karya musik adalah chord-chord (runing chord) yang membangun irama atau susunan nada-nada dari suatu lagu. Nach, dari runing chord ini, bisa kita tambahkan kedalam pustaka runing chord di otak kita yang suatu saat bisa kita gunakan ketika ingin membuat suatu lagu.

⚆ Lirik Lagu
Lirik lagu itu biasanya identik dengan karakter penulis lagunya. Jadi, bisa ketahuan seperti apa sich orang yang menulis lagu ini: baik hati, jujur, full in love, murahan, cerdas, bodoh, dlsb. Yeah! sebagai seorang penulis lagu yang berbakat harus cerdas dalam memilih susunan kata-kata (syair) biar yang denger lagu kita jadi nggak ilfeel.

⚆ Nilai Seni
Skil dalam memainkan alat musik adalah salah satu kunci yang menentukan kualitas musikalitas suatu karya musik. Permainan melodi dan pemilihan nadanya harus ajib (keren) sob, gak boleh sembarangan biar nggak merusak nilai musikalitasnya. Teknik vokal yang baik adalah yang paling dominan diantara intrument musik lainnya, menjadikan vokal ibarat nyawa dalam suatu karya musik band.

Perhatikan juga sinkronisasi antara karakter sound dengan tema lirik lagunya? Musisi yang baik akan selalu berusaha untuk memilih karakter sound yang mendukung ide-ide dari tema lirik lagunya.

Oks...baca juga artikel saya sebelumnya: "Menjadi Penulis Lagu Yang Berbakat"

Pasti diantara sobat sekalian banyak yang terkagum-kagum dan bertanya-tanya gimana caranya membuat lagu yang keren-keren seperti ini, begitu mendengarkan album lagu dari Langit Biru band - The One.

Yeah! itu memang salah satu album masterpiece saya. Dan bagi saya pribadi, musikalitas terbaik tidak hanya berasal dari penggunaan skil dan skil saja, melainkan ada satu hal yang lebih urgen dari itu semua... Yups! itulah SOUL.

Yeah! tapi gimana cara membuatnya mastera???

Hmph, satu-satunya metode yang tepat untuk membuat karya musik dengan musikalitas terbaik adalah dengan cara merefleksikan atau mentransfusikan SOUL yang ada didalam diri kamu sendiri kedalam lagu/musik. Just it!

Trust, cara mentransfusikannya gimana mastera???

Pikirkanlah brada..., pikirkanlah sista....

Kemudian baca artikel saya selanjutnya: Merefleksikan SOUL Kedalam Sebuah Lagu :-D


Peace, Love with Music - Langit Biru Band

Tidak ada komentar:

Posting Komentar