Selasa, 15 Maret 2016

Menjadi Penulis Lagu Yang Berbakat


Bismillahirrahmanirrahiim.....

Sudah pada baca artikel saya sebelumnya kan? "Belajar Menulis Lagu". Nach, sekarang kita coba mengembangkan bakat yang ada pada diri kamu satu tingkat lebih baik lagi. Percayalah pada hatimu -- Kamu Pasti BISA!

Ada beberapa metode untuk dapat meningkatkan kemampuan kamu dalam menulis lagu, yaitu dengan mengasah kemampuan skill musikalitas kamu, meningkatkan kecerdasan intelektual kamu, dan mempelajari/mengadopsi karakteristik lagu dari orang lain.

1). Mengasah kemampuan skill musikalitas kamu

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengasah skill kamu dalam memainkan alat musik, dari beragam teknik bermain (meningkatkan kemampuan improvisasi kamu), serta menciptakan banyak karakter sound yang keren dan unik (gak ketinggalan zaman). Percayalah, itu sangat mendukung kemampuan kamu dalam memproduksi lagu-lagu yang lebih baik, walaupun itu bukan hal yang mudah untuk dikerjakan hehe jangan malazzz.

2). Meningkatkan kecerdasan intelektual kamu

Kecerdasan intelektual yang akan mendukung hal-hal yang ada hubungannya dengan unsur musikal serta kualitas lirik, ketika kamu akan menulis sebuah lagu. Khususnya dalam menempa karakter diri yang lebih cerdas, sehingga dapat kamu rasakan manfaatnya ketika kamu harus berhadapan dengan berbagai pilihan-pilihan nada (tone) atau improvisasi atau running chord di saat kamu ingin menciptakan lagu, seperti: ingin membuat lagu bertema cinta atau kritik sosial, ingin membuat lirik lagu yang cerdas atau konyol, ingin membuat lagu yang keren atau soulmate (berdasarkan karakter sound), lirik lagunya apakah mengandung unsur syair (sastra tinggi), istilah-istilah akademik, atau kata-kata yang biasa digunakan sehari-hari, dlsb... Caranya???

Harus banyak berpikir (cendikia): Biasakan berpikir seperti layaknya para Filsuf Yunani yang selalu berpikir guna mencari serta memahami arti kebenaran yang sejati tentang hidup ini. Dengan melakukan hal ini, diharapkan para pelajar dapat menjadi lebih bijaksana dan cendikia ketika akan menulis sebuah lagu xixix

Menjaga moral dan etika: Jadilah seorang yang memiliki moral serta etika yang elegan, jangan menjadi sampah! Sopan-santun serta kaidah kode etik yang baik akan selalu membimbing kamu untuk menciptakan karya lagu yang bisa diterima oleh khalayak luas (masyarakat).

Tambah wawasan kamu: Kalo perlu jadilah ensiklopedia berjalan, biar isi otak kamu penuh dengan berbagai informasi berguna dan menjadikan otak kamu semakin cerdas dan produktif. Hal ini akan sangat meningkatkan tingkat kecerdasan intelektual kamu dalam menulis lagu. (Kecerdasan intelektual adalah kecerdasan yang membedakan manusia dengan kera. -penj)

Tingkatkan life style: Life style atau gaya hidup juga mempengaruhi tingkat ke-keren-an (rasa percaya diri) dari lagu-lagu yang kamu bikin loch... Ga usah terlalu muluk-muluk, berkhayal menjadi orang keren saja sudah cukup, ikuti kata pepatah "ga ada rotan akar pun jadi" - yang pentingkan pola pikir, apa gunanya kalo penampilan keren tapi pola pikirnya norak (baca: bukan keren) hehe...

3). Mempelajari/mengadopsi karakteristik lagu dari orang lain

Sebenernya metode ini kurang baik dalam mendukung kemampuan kamu dalam menciptakan lagu, cuz hanya berdasarkan dari hasil meniru hasil karya orang lain, jadi kurang profesional - malah justru cenderung membunuh kemampuan (bakat) kamu yang sesungguhnya. Tapi kalo sekedar hanya untuk mempelajari poin-poin yang menjadikan suatu lagu hits dan sukses, adalah cara yang cukup bijak untuk memulainya dari sini.

tapi tetap: "Be Ur self, are the best."

Baca artikel saya selanjutnya: "Mendengarkan Suatu Karya Musik"

4). Melatih soul kamu dalam menciptakan lagu

Soul yang saya maksud adalah jiwa yang dipenuhi dengan ketulusan hati nurani, semangat (sikap pantang menyerah dan rela berkorban), penyabar, kuat, full in LOVE, elegan dan jujur (terbuka apa adanya).

Kebanyakan pencipta lagu tidak (atau kurang) memperhatikan pentingnya hal ini, sehingga berakibat fatal bagi setiap karya-karya lagu yang mereka buat. Yups, SOUL adalah jiwa atau nyawa dari sebuah lagu. Tanpa SOUL lagu akan terasa hambar dan kurang berkesan. SOUL adalah gambaran keindahan utuh suatu karya seni, yang mengikat suatu lagu dengan pencipta lagunya. Soul tak bisa dibeli dengan UANG!

Terus gimana cara mendapatkan SOUL yang keren???

Jadilah pujangga cinta: Cinta adalah anugerah yang agung dari Yang Maha Agung. Cinta adalah gumpalan kebahagiaan dan loyalitas (kesetiaan). Cinta harus mampu menerjang badai dan memupuskan kebencian. Ooh, CINTA...engkau begitu mempesona.

Source of SOUL: Sumber dari seluruh SOUL yang ada dimuka bumi adalah Tuhan, Allah Subhanahu wa Ta'ala. Jadi, mintalah hanya kepada-Nya soul yang keren, soul yang cool, soul yang lembut, soul yang terindah, soul yang termegah, soul yang terbaik. Caranya adalah dengan menjalankan segala perintah-Nya dan menjauhi segala larangan-Nya dounk, abiz itu berdoa dech... Percayalah Allah itu Maha Pemurah dan Maha Mengabulkan doa.

Perbanyak amal: Mungkin Labirin sekalian banyak yang binun apa hubungannya antara banyak beramal dengan melatih soul??? gak nyambung nich mastera ngajarinnya. hehe :-) Tapi, menurut penelitian saya, penulis lagu yang keren itu biasanya baik hati (dermawan) serta pengertian loch, sehingga ia memiliki hati sebening embun dan seindah mutiara. Nach dari hati yang seperti itu lach, SOUL dapat bersinar dan bercahaya... clink, clink

Jiwa yang penyabar: Tuhan juga suka sama orang yang memiliki sifat penyabar dan tidak sombong, siapa tau di kasih lagu yang keren-keren dari langit.

5). Terakhir, banyak berlatih menulis lagu

Saya baru bisa menciptakan lagu yang baik setelah saya berlatih menulis -kurang lebih 100 buah- lagu. Dengan tekun (sabar) berlatih mungkin kamu "bisa", lagi pula untuk bisa menjadi penulis lagu yang keren memang dibutuhkan tingkat kedewasaan yang cukup, biasanya setelah umur 23 atau 25 tahun. :-)


Peace, Love with Music - Langit Biru Band

Tidak ada komentar:

Posting Komentar