Senin, 05 Desember 2016

Ciri-Ciri Sosok Pemimpin Yang Dirindukan (Pemimpin Idaman)

Bismillahirrahmanirrahim... 

Jujur aja dech, siapa yang gak mau dipimpin sama orang yang keren abiz, agar masa depan Indonesia bisa lebih cerah dan meriah? nggak kusut kaya begini. Baiklah akan saya kasih tahu ciri-ciri sosok pemimpin yang dirindukan oleh segenap lapisan bangsa Indonesia, biar bangsa ini tahu seperti apa ciri-ciri mereka.

1. Berasal dari Bangsa Indonesia

Harus berasal dari bangsa Indonesia sendiri, sehingga diharapkan memiliki sikap nasionalis yang sangat tinggi serta peduli akan nasib bangsanya, rela berkorban demi kepentingan bangsa dan tanah air. Memiliki kecintaan yang sangat tinggi seperti layaknya seorang ayah kepada bangsa dan tanah air. Memiliki perasaan seiya-sekata dan senasibsepenanggungan terhadap bangsa yang ia pimpin. Tidak mau jika berada dibawah pengaruh bangsa lain.

2. Harus Bisa Menolong Nasibnya Sendiri

Pemimpin yang hebat itu harus bisa menolong nasibnya sendiri! Jika tidak, manamungkin ia bisa mengangkat derajat bangsa dan negara yang dipimpinnya? Harus mampu melewati situasi ekonomi yang kritis, sehingga bisa dijadikan panutan ideal bagi seluruh rakyatnya (orang yang ia pimpin). Sehingga ia sangat menyadari bahwa setiap usaha dan upaya itu tergantung pada kehendak Tuhan Yang Maha Esa, bukan dari seberapa cerdas dirinya, seberapa kaya, apalagi dari dukungan bangsa lain.

3. Kaya Raya

Seandainya bangsa Indonesia mengharapkan pemimpin yang tidak bisa dibeli dan dipengaruhi oleh pengaruh luar, bangsa ini membutuhkan sosok pemimpin yang sangat kaya. Atau setidaknya dipercaya oleh rakyatnya akan kejujurannya serta kemampuannya dalam menjalankan amanah (tugas negara) sebagai pemimpin yang sesungguhnya. Tidak dalam keadaan bangkrut atau terbelit hutang, dan berpikir bahwa satu-satunya jalan keluar untuk lepas dari permasalahan adalah dengan menjadi seorang pemimpin. Mampu mendukung realisasi program pemerintah, dan bukan sebaliknya, menjadi benalu didalam tubuh sistem pemerintahan.

4. Rela Berkorban dan Penyabar

Seandainya bangsa Indonesia menginginkan pemimpin yang mau peduli kepada nasib bangsa yang miskin ini, ia haruslah memiliki sifat rela bekorban demi kepentingan bangsa dan negara. Bekerja tanpa menilai segala pamrih atas setiap jerihpayahnya (kecuali ongkos mobile, administrasi, dll), dan tidak mudah mengeluh selama menjalankan tugas-tugasnya, terutama ketika harus berhadapan dengan kebodohan bangsanya yang miskin ini.

5. Adil dan Tidak Otoriter

Harus mampu bersikap adil terhadap seluruh rakyatnya tanpa melihat dari sisi ras/etnis, golongan/status sosial, organisasi, dlsb dan senantiasa berdiri diatas asas kebenaran dan keadilan yang hakiki. Serta mampu membangun sistem hukum dalam negeri yang mampu menghancurkan segala macam bentuk tirani ketidakadilan serta kemunafikkan yang selama ini menjadi terror berbahaya bagi rakyat. Bukan sebaliknya bersikap otoriter (takabur) dan diktator.

6. Memiliki Wawasan yang Luas, serta Bijaksana dalam Mengambil Setiap Keputusan

Ia haruslah memiliki kecerdasan intelektual tingkat tinggi. Berwawasan luas, meliputi ilmu sosial, budaya, ekonomi, tekhnologi, pembangunan infrastruktur, norma-norma agama (Islam), pendidikan, pertahanan negara, komunikasi multinasional, administrasi perbankan, bisnis, politik internasional, dan kalau bisa lebih banyak lagi. Sehingga berkat wawasannya yang luas itu, sang pemimpin dapat menilai berdasarkan dari berbagai aspek dalam setiap keputusan-keputusan yang harus ia ambil. Sehingga ia juga mampu menampung segala aspirasi dari rakyatnya, serta memberikan jawaban-solusi bagi setiap permasalahan bangsa dan negaranya dengan bijak dan bertanggung jawab.

7. Kemampuan Manajemen SDM Level Master

Harus mampu memotivasi peningkatan SDM yang hidup di Indonesia untuk mau berpikir lebih cerdas, lebih muslim dan lebih kaya lagi. Tidak membiarkan bangsanya menjadi sosok orang-orang yang berpikir kerdil, pengecut, durjana (kurang ajar/biadab/tidak manusiawi/gokil), bodoh, lemah, penyakitan, kikir tingkat tinggi (seperti orang yang terbelenggu), kafir (termasuk fasik, munafik dan musyrik). Mampu memompa semangat rakyat untuk maju bersama, membangun bangsa dan negara bersama-sama, menjaga kedaulatan NKRI dimata bangsa asing, memupuk tali persaudaraan sebangsa dan setanah air dan seagama.

8. Menggali Setiap Potensi yang Ada

Harus mampu mencari serta menggali setiap potensi-potensi yang bangsa dan negara Indonesia miliki dan selalu perupaya untuk meningkatkannya (setiap potensi-potensi yang ada) kelevel yang tertinggi. Mendukung serta memprakarsai program-program yang mampu mendukung kesejahteraan ekonomi bangsanya sendiri, misal koperasi. Mengadakan riset-riset yang dibutuhkan oleh rakyatnya dalam meningkatkan perekonomian dan perdagangan.

9. Menjunjung Tinggi Nama Bangsa dan Negaranya

Seorang pemimpin yang keren abiz itu, harus mampu bekerjasama didalam politik Internasional, kompeten serta mampu memupuk kepercayaan global demi kebaikan bangsa dan negaranya.

10. Pejuang Gigih

Sosok pemimpin sejati haruslah seorang pejuang yang gigih dan tidak pernah menyerah, serta tidak gentar ketika berhadapan dengan tekanan-tekanan yang berasal dari rival-rival bangsa dan negaranya. Jika tidak, manamungkin ia bisa memperjuangkan identitas bangsa dan negara yang diidam-idamkan oleh segenap rakyatnya. Cuz, perlu diketahui bahwa untuk membangun bangsa yang maju, bangsa yang cerdas dan sejahtera itu butuh perjuangan keras, dari sang pemimpin dan dari rakyat sebagai orang-orang yang ia pimpin. Tekad serta kekuatannya haruslah sedahsyat gelombang tsunami, bergemuruh menerjang kokohnya batu karang. Menghancurkan segala bentuk tirani-tirani yang tengah menggrogoti kedaulatan bangsa yang ingin maju, sekalipun tirani tersebut adalah syaitan yang terkutuk.

11. Muslim Sejati

Ia juga haruslah seorang muslim sejati, yang sangat takut kepada Tuhannya ketika berhadapan dengan kesalahan-kesalahan (dosa). Ia juga harus memahami (mengenal baik) seperti apa Tuhannya, apa-apa saja yang menjadi kehendak-Nya atau keputusan-Nya atau setiap hikmah-Nya yang tersembunyi dan harus selalu berada dibawah petunjuk Allah Ta'ala. Cuz, untuk bisa memimpin bangsa dan negara yang sangat luas (terdiri dari gugusan kepulauan dari Sabang sampai Merauke) dan indah seperti Indonesia menuju gerbang kesuksesan hakiki sangatlah sulit sekali. So, hanya dengan mengikuti petunjuk Allah sajalah, sang pemimpin diharapkan mampu mewujudkan cita-cita murni bangsa dan negara tercinta.

12. Tidak Bisa Mengemban Tugas Negara Seorang Diri

Nggak ada seorang pemimpinpun yang mampu menjalankan amanahnya seorang diri, membangun serta mensejahterakan bangsa dan negaranya tanpa dukungan kerjasama dari berbagai pihak, para pejabat instansi-instansi (teamwork) kepemerintahan dan segenap lapisan masyarakat, yang cerdas, yang memiliki semangat untuk maju serta menjunjung tinggi kebenaran dan keadilan, rela berkorban dengan penuh keikhlasan demi kepentingan bangsa dan negara tercinta - Indonesia. 😎

Pokoknya jangan pernah merasa segan atau takut untuk memilih pemimpin yang lebih cerdas serta mampu menjaga amanah seberat apapun resiko yang harus dihadapi, cuma gara-gara kamu bodo, miskin atau lemah. Cuz, sudah pasti akan menjadi jauh lebih baik dunk, ketimbang ngotot untuk memilih pemimpin yang sama bodo-nya. Seorang pemimpin adalah orang yang paling diharapkan bisa memberikan jawaban serta solusi ketika menghadapi permasalahan-permasalahan yang pelik dan rumit. Kalo seandainya pemimpinnya bodo dan khianat (cupu), trus gimana nasib orang-orang yang ia pimpin?!?

Menjalani kehidupan di zaman yang sulit dan sempit, orang-orang yang pintar aja, banyak yang nyungsang, apalagi yang bodo; orang-orang yang kaya aja banyak yang korupt, gimana nasib yang miskin; orang-orang yang berkuasa saja sampe berkhianat, orang yang lemah harus gimana?!?

Note: Bukannya sok sombong bangga-banggain diri sendiri, tapi U tau kan? Klo persaingan memperebutkan kursi kekuasaan yang tertinggi itu adalah sesuatu hal yang sangat pelik dan rumit (RED WARNING!). Dan bukanlah berbagai kisah-tangis politik itu juga yang menjadi poin terpenting bagi bangsa ini untuk melangkah maju. Satu hal, artikel ini hanyalah sebuah bentuk nasehat, atau sesuatu yang mewakili diri saya pribadi atau mungkin juga segenap lapisan bangsa Indonesia terhadap figur sosok pemimpin yang diharapkan mampu mengemban amanah bangsa dan negaranya tercinta - INDONESIA. Peace, Love with Music - Langit Biru Band

Tidak ada komentar:

Posting Komentar