Kamis, 28 Januari 2016

Tentang Dunia Keartisan

Bismillahirrahmanirrahim...

Yeah, kali ini saya mau berbagi cerita tentang lika-liku kehidupan artis dalam meraih popularitas... Walau terkesan agak sok tahu, tapi saya akan coba untuk menceritakan apa yang saya tahu kepada kamu dan kamu sekalian.

Seperti yang kita tahu, bahwa kehidupan sang bintang yang penuh dengan glamouritas beserta segudang aktivitasnya yang padat itu tidak terbangun dengan sendirinya loch...
dibutuhkan usaha serta kerja keras dari berbagai pihak terutama bagian manajerial untuk mendongkrak popularitas guna menjaga eksistensi dari sang bintang.

Kira-kira apa sich poin-poin berharga yang harus di miliki oleh seorang artis??? Menurut saya jawabannya adalah:

1. Daya tarik atau pesona: Sebagian besarnya berfungsi untuk memikat fans dalam meraih popularitas. Di sini bukan berarti harus cantik.., sikap yang luwes, terbuka, dan jujur juga sangat mendukung daya tarik seseorang, terutama di dalam pergaulan.

2. Wawasan: Fungsinya? jelas untuk mendukung/meningkatkan kecerdasan sang artis dalam menjalankan profesinya sebagai artis sekaligus publik figure. Orang yang cerdas, sudah pasti lebih disukai banyak orang dunk. Pendidikan akademis, atau surfing di internet akan banyak membantu sang artis dalam meningkatkan pengetahuan atau wawasan.

3. Tubuh yang atletis/sexy: Biasanya sangat identik dengan tubuh yang sehat loch. Olah raga seperti ilmu beladiri atau aerobik akan meningkatkan stamina serta bentuk tubuh yang ideal (indah) bagi seorang artis.

Terus kira-kira apa yach tugas-tugas yang harus dilakukan oleh seorang artis di sela kesibukannya??? Hmph, agak sulit juga ngejawabnya... mungkin diantaranya:

1. Mengikuti pelatihan-pelatihan khusus, yang fungsinya untuk meningkatkan kemampuan sang idola. Seperti bernyanyi, belajar alat musik, dance, bahasa Inggris (asing) dll yang penting sejalan dengan bidang profesionalisme-nya sebagai artis.

2. Mencari Job, yeah namanya juga artis jadi harus cari uang juga dunk.

3. Seduction/menggoda: Biasanya sering dilakukan oleh para artis untuk memikat/merebut fans-fans pesaing mereka. Caranya??? "Haaiii fans.., godain kita dunk..." hehe

4. Menyebarkan gosip: Hal ini juga biasa dilakukan oleh beberapa artis untuk membuat terasa heboh sesuatu yang sama sekali ga heboh atau sekedar menaikan pamor mereka di mata publik untuk dapat mempertahankan eksistensinya. Dan yang paling licik, untuk menjatuhkan pesaing di mata para fans-nya. (dunia emang kerras brow!)

5. Menjaga populasi fans base: Ini juga yang harus dilakukan oleh seorang artis untuk menjaga fans mereka terhadap serangan (seduction) dari pihak pesaing. Yach mungkin seperti induk ayam menjaga telurnya lach.

So, sudah pasti hal pertama yang biasanya dilakukan oleh pihak manajemen artis untuk mengelola artis-arti baru mereka adalah membangun kemampuan sang artis dengan berbagai macam keahlian. Sebaliknya bagi para pesaing atau artis-artis yang lebih senior akan memfokuskan diri mereka dalam membangun fans base dan menjaga loyalitas dari para fansnya.

Beberapa tujuan penting pada proses pelatihan yang harus dilalui oleh sang artis:

1. Kecantikan: Yups namanya juga artis, yach harus cantik lach, biar bisa mendapatkan honor yang lebih mahal serta perhatian yang lebih dari para fansnya. Pelatihannya bisa macem-macem termasuk di dalamnya, mengasah "inner beauty."

2. Kecerdasan Intelektual: Akan sangat membantu sang artis dalam bersosialisasi, bekerja dan berkarya atau mungkin dalam upaya mereka menjaga loyalitas dari para fansnya.

3. Keberuntungan: Sedikit aneh memang, pokoknya kalau ada cara yang jitu bagi sang artis guna memperoleh keberuntungan atau dengan kata lain 'Hoki', mungkin mereka akan rela untuk melakukan apa saja. Manfaatnya jelas, untuk memudahkan sang artis dalam mencari job atau mewujudkan segala macam pengharapan...hmph

Yups, intinya secara fungsional manfaat pelatihan-pelatihan tersebut harus bisa mendongkrak karakter atau kepribadian sang artis menjadi semakin menarik dan tampil anggun mempesona.

Bagaimana dengan fans, seberapa penting sich arti fans bagi sang idola???

Kalau bicara tentang fans, sebenernya ada banyak sekali arti keberadaan fans bagi sang artis. Beberapa diantaranya, untuk menunjukan popularitas dari sang artis yang secara tidak langsung nantinya akan memudahkan sang artis dalam memperoleh job serta honor yang tinggi, karena jika seorang artis sudah memiliki banyak fans yang mensuport mereka (dengan kata lain tengah naik daun), 'biasanya' sang artis akan mendapatkan bayaran dari prestasi pribadi mereka dalam bentuk, misalnya dalam bentuk pembayaran sebagai cover boy/girl, artis tv, penjualan photo album atau pembuatan film (dvd).

Fans juga penting loch untuk menarik simpatik dari para calon fans-fans baru lainnya, malahan bisa juga digunakan untuk menggertak/menjatuhkan pesaing hiii seerreeem...

Karena keuntungan-keuntungan itulah, adalah penting bagi sang artis untuk melakukan strategi guna menjaga loyalitas dari para fansnya serta mengumpulkan lebih banyak fans-fans lagi, bisa dibilang pepatah yang tepat bagi mereka adalah "Banyak fans, banyak rejeki." Yeah...

Yups, memang tujuan akhir dari keseluruhan tugas bagi seorang artis adalah untuk mendapatkan sebanyak mungkin fans, dan dengan fans yang banyak maka kemungkinan bagi seorang idola untuk mendapatkan lebih banyak peluang dalam memenangkan beragam penghargaan-penghargaan pentingpun menjadi semakin terbuka lebar.

Ga cuma ayam jago aja yang suka ribut, artis juga menyukai duel loch?!?

Yeah, duel terkadang sudah menjadi tradisi di dalam dunia bisnis entertaiment guna menentukan siapa yang lebih hebat diantara artis yang satu dengan yang lainnya dan bagi yang menang biasanya akan mendapatkan rasa simpatik dari sebagian fans dari artis yang kalah.

Eiiit tunggu dulu, tapi kayaknya bukan duel yang sering kita lihat di acara sport entertainment seperti smackdown atau tinju koq... Duel yang dimaksud biasanya adu keahlian dalam bidang yang ada hubungannya dengan profesi mereka sebagai artis, seperti program 'KFC Adu Bintang' yang di adakan oleh KFC... Dan duel ini bisa saja terjadi antara artis-artis dari berbeda agency ataupun dari agency yang sama. Kebanyakan artis menyukai hal ini karena dapat memberikan kebanggaan tersendiri bagi mereka dan juga bermanfaat untuk melatih keberanian atau mental mereka di dunia bisnis hiburan...

Kira-kira seperti itu lach sebagian cerita kehidupan di dunia keartisan yang saya tahu, tanpa ada maksud menyidir apalagi mengadu domba, terlepas dari atau memang saya yang sok tahu... "Just make it easy as U know..."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar